Sunday, April 7, 2013

Memperkenalkan Tontonan Internet Malam Minggu Miko

Malam Minggu Miko adalah Tontonan Internet karya Raditya Dika, yang masuk dalam kategori webpisode atau web series. Serial yang ditayangkan di channel youtube Dika ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Miko dan cerita cinta yang terjadi pada dirinya dan/atau orang terdekatnya setiap malam minggu.

Ada tiga karakter utama dalam serial ini, yang pertama adalah Miko yang diperankan oleh Dika sendiri, teman sekontrakan sekaligus sahabatnya: Ryan (@adriandhy), dan pembantu mereka berdua: mas Anca (@ancablanca). Plus satu ekor penggembira, yaitu Boss, kucing milik Dika.

Dalam serial ini Miko digambarkan sebagai cowok yang culun, polos, dan sering gagal dalam hal percintaan. Sedangkan Ryan digambarkan sebagai sosok yang sok tau dan sok pede, walaupun juga sering gagal dalam hal percintaan. Sementara mas Anca ditokohkan sebagai orang kampung yang lugu dan setia pada majikannya. Selalu ada minimal satu karakter cewe sebagai mitra peran Miko dan atau karakter utama yang lain, yang berbeda tiap episodenya.

Episode 1 (pertama) dari serial ini di-upload di youtube pada Agustus 2012 dengan judul: Malam Minggu Miko – Episode “Nissa”. Lalu Episode 2 dirilis pada September 2012 dengan judul Malam Minggu Miko – Episode “Miranda”. Di dalam blog pribadinya, Dika (radityadika.com) menyatakan bahwa serial Tontonan Internet ini merupakan perwujudan mimpinya untuk membuat serial TV comedy yang lucu, cerdas, dan beda dengan yang sudah ada di Indonesia. Dika menyebut karyanya memiliki gaya mockumentary. Dika merasa tidak mungkin televisi di Indonesia mau menayangkan serial semacam ini sehingga dia pun meng-uploadnya di youtube.


Namun ternyata Kompas TV tertarik menjadikan project hasil iseng-iseng Dika ini menjadi program televisi. Dijadwalkan tayang seminggu sekali dengan durasi setengah jam, berisi dua buah cerita Malam Minggu Miko, masing-masing 12 menit. Namun para pelanggan/subscriber Tontonan Internet tak perlu khawatir akan kehilangan tontonan ini, karena seminggu setelah ditayangkan di televisi, Dika tetap mengupload karyanya di youtube. Program ini terwujud menjadi 26 Episode, 2 pertama hanya di-upload di youtube, 24 berikutnya ditayangkan di Kompas TV kemudian di-upload di youtube, dan berakhir pada Februari 2013, namun orang masih tetap bisa menonton di channel youtube Dika. Informasi terakhir dari Dika, yang ditulis di blog-nya, serial ini akan diwujudkan menjadi film dengan judul Cinta dalam Kardus. Daftar episode berikut link youtube Malam Minggu Miko akan Gwe tulis pada posting berikutnya. 


Malam Minggu Miko – Episode “Nissa”

No comments:

Post a Comment