Friday, April 12, 2013

Mengenal Meme dan Internet Meme

Apa itu meme? Gimana cara bacanya? Teori tentang Meme atau dibaca mim ini secara akademis silakan dibaca di: id.wikipedia.org/wiki/Meme dan koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/106130 Namun saya akan mencoba memberikan definisi yang lebih sederhana:

Meme adalah gagasan, perasaan, pemikiran,  maupun tindakan, yang apabila tersebar dan diakui oleh masyarakat secara komunal akan menjadi suatu produk budaya. Contoh meme diantaranya adalah: teori, teknologi, lagu, tarian, foto, video, dan lain-lain. Meme dapat tersebar secara vertikal, yaitu suatu pemahaman yang turun temurun, maupun tersebar secara horizontal, yaitu antar orang ke orang, ditiru maupun dikembangkan.


Sedangkan Meme Internet atau Internet Meme adalah suatu konsep atau bentuk budaya tertentu yang menjadi terkenal melalui internet.

Internet meme biasanya merupakan produk bentukan yang diciptakan oleh seseorang atau kelompok tertentu. Wujud dari internet meme ini diantaranya adalah istilah atau kosa kata baru, gambar, foto, maupun video. Setelah diciptakan, produk tersebut lalu diperkenalkan kepada orang lain dengan mengunggah dan mempromosikannya di internet melalui blog, sosial media, website berita, maupun e-mail. Produk buatan itu menjadi internet meme saat disukai, ditiru, dikembangkan, sehingga menjadi popular dan tersebar secara luas. Menurut id.wikipedia.org salah satu contoh Internet Meme adalah video Harlem Shake, yang popularitasnya meledak di YouTube pada bulan Februari 2013. Konsep video ini dibuat oleh The Sunny Coast Skate, sebuah kelompok yang terdiri dari lima remaja asal Queensland, Australia. Biasanya, video Harlem Shake dimulai dengan satu orang (memakai helm atau topeng) menari sendiri diiringi potongan lagu “Harlem Shake” karya musisi elektronik Baauer selama 15 detik. Dia dikelilingi orang-orang yang tidak peduli dengan aktivitasnya. Setelah tiba di bagian lagu, dimana bunyi instrument bass-nya drop, adegan video berubah menjadi kerumunan orang yang menari tidak jelas selama 15 detik. Biasanya para penari setengah telanjang atau memakai kostum aneh sambil memainkan suatu benda. Internet Meme ini muncul dalam bentuk video yang dibuat oleh orang dari berbagai belahan dunia dengan konsep yang mirip.


No comments:

Post a Comment